Translate

Kamis, 01 Oktober 2015

Membuat baterai dengan Buah jeruk

Membuat baterai dengan buah jeruk,.. Apakah teman teman Pernah mendengar tentang baterai yang bahan dasarnya terbuat dari buah? 

sebelumnya apa sih baterai itu?  Baterai adalah sumber energi yang biasa di gunakan agar perangkat yang perlu tenaga listrik dapat bekerja ( Hp,I-pod, tablet, kendaraan motor ataupun mobil). memiliki banyak bentuk yang berbeda, dalam berbagai tegangan; dan tergantung dari berapa tegangan listrik yang di butuhkan.

Baterai menyimpan energi kimia dan mengubah energi ini menjadi listrik. baterai berfungsi agar gadget dan perangkat elektronik dapat bekerja, seperti ponsel, MP3 player, senter, dan banyak lagi.


Ada dua jenis utama baterai berdasarkan pada jenis elektrolit yang digunakanya itu sel basah, yang menggunakan elektrolit cair sebagai solusi, dan ada juga apa yang kita sebut sel kering, yang menggunakan elektrolit berupa pasta. Ada banyak jenis baterai yang tersedia di pasar sekarang, seperti sel karbon-seng, sel alkali, sel nikel-kadmium, sel Edison dan sel merkuri.

Dalam percobaan sederhana ini, akan membuat baterai dengan menggunakan buah jeruk, dan memiliki kekuatan  untuk membuat lampu kecil menyala. Kemudian,dan kita akan membahas bagaimana buah jeruk bekerja sebagai baterai.


Bahan yang teman teman butuhkan adalah:

buah jeruk seperti lemon, limau, jeruk, dll
kuku tembaga (ukuran yang direkomendasikan panjangnya adalah 3 s.d 4 cm atau lebih)
bola lampu kecil (memilikiwarna atau buram memiliki tinggi 2 inci dengan cukup kawat untuk menghubungkannya ke kuku)
kabel listrik
seng kuku atau kuku galvanis (juga 3 cm atau lebih)
ammeter mikro (opsional)
Prosedur

waktu percobaan sekitar 5-10 mnt. 

Hal Yang Harus di Lakukan :

Pertama ambil buah jeruk  di tangan, remas semua sisi dengan tangan Anda tanpa merusak kulit. Tujuan Anda adalah untuk melunakkan buah jeruk untuk mengekstrak jus nya.

Langkah berikutnya adalah untuk tusuk buah jeruk dengan kuku. Masukkan seng kuku atau kuku galvanis ke dalam buah sekitar 3 cm , tusuk paku di sisi  yang lainnya tanpa ujung bersentuhan. Hati-hati memasukkan, perlahan-lahan, pastikan untuk tidak keluar dari buah.

setalah paku di masukkan ke dalam jeruk,persiapkan bola lampunya. ambil bola lampu ikat dengan kabel hubungkan ke paku, begitupun dengan sisi lainnya.

coba lihat , apa yang terjadi, bola lampu berwarna Anda akan menyala!

Kenapa itu bisa terjadi

Buah jeruk memiliki kandungan asam, semakin banyak kandungan asam, semakin baik untuk mendapatkan energi listrik. Ini adalah alasan mengapa meskipun paku tidak menyentuh satu sama lain, baterai buah Anda masih bekerja! Buah mengandung ion bermuatan positif. Ketika Anda memasukkan galvanis atau seng paku ke dalam buah, ion bermuatan negatif atau elektron mulai bergerak dari buah ke seng kuku sehingga meninggalkan proton dalam buah. Transfer elektron menghasilkan listrik segera setelah Anda melampirkan kabel untuk kuku, dan lampu bohlam menyala! Menakjubkan ya?

0 komentar :

Posting Komentar